RPP (tugas uas tekpen)
BERIKUT RPP MTS AT-THAHIRIYAH VII/I
Madrasah/Sekolah : MTs At-Tohiriyah
Mata Pelajaran : B.Arab
Kelas/Semester :VII/Ganjil
Materi Pokok : الألوان (Maharah qira’ah)
Alokasi Waktu :1
Pertemuan/80 menit
A.
Kompetensi Inti
(KI)
KI.1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial
dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata/ kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan الألوان baik secara lisan maupun tertulis.
4.1 Menemukan
makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan tema في الفصل الدراسى
|
3.1.1 Membaca teks qira’ah terkait
dengan topik في الفصل الدراسى dengan makhraj yang benar
serta lancar.
3.1.2 Menguasai mufradat
terkait dengan topik في الفصل الدراسى
4.1.1 Menerjemahkan teks qira’ah
terkait tentang topik في الفصل الدراسى
4.1.2 Menjawab pertanyaan tentang isi kandungan teks qira’ah tentang في الفصل الدراسى
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
a.
Setelah
menyimak bacaan dari guru, siswa dapat membaca teks yang berjudul
فِي الْفَصْلِ
الدِّرَاسِيِّ dengan fasih dan
benar.
b.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan isi kandungan teks
yang berjudul فِي الْفَصْلِ الدِّرَاسِيِّ dengan baik dan benar.
c.
Setelah
mendengarkan pertanyaan dari guru, siswa dapat menjawab soal dengan tepat.
D.
Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
فِي الْفَصْلِ الدِّرَاسِيِّ
أَنَا
طَالِبٌ فِي الْفَصْلِ الأَوَّلِ مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَة
الْإِسْلَامِيَّةِ ۱ مَالَانج . فَصْلِىْ جَمِيْلٌ وَمُنَظَّمٌ . هُوَ جَانِبَ
مَكْتَبَةِ الْمَدْرَسَةِ .
اُنْظُرْ
إلَى الصُرَةِ . تِلْكَ الصُرَةُ رَئِيْسِ الجُمْهُوْرِيَّةِ . وَ هِيَ عَلَى
الحَائِط . الحَائِطُ لَوْنُهُ أَصْفَرُ .
اُنْظُرْ
! تِلْكَ سَبُّوْرَةٌ . الْسَّبُّوْرَةُ فِىْ فَصْلِىْ لَوْنُهَا أَبْيَضُ .
اُنْظُرْ
إلى أَقْلَامِ الْجَفِّ . هِيَ عَلى مَكْتَبِ الْمَدَرِّسِ . الَوْنُهَا
مُتَنَوِّعَةٌ (أسْوَدُ وَأَزْرَقُ وأَحْمَرُ وأَخْضَرُ) .
أُنْظُرْ إلى أَقْلَامِ الطُّلَّابِ . هِيَ عَلَى
مَكْتَبِ الطُّلَّابِ . الَوْنُهَا مُتَنَوِّعَةٌ أَيْضًا (أَسْوَدُ بَنَفْسَجِى
وأَحْمَرُ وَوَرْدِىُّ وبُرْتُقَالِىُّ وأَزْرَقُ ورَامَادِىُّ وَكَرِمِيُ
وأَخْضَرُ وبُنَّىُّ) .
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode :
Langsung
F.
Media
Pembelajaran
1.
Media : Visual (Power Point)
2.
Alat : Proyektor, laptop, Papan tulis,
spidol.
3.
Sumber : Buku Bahasa Arab Kurikulum 13 Kelas
VII MTs, Kamus Bahasa Arab.
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
No
|
Tahapan Belajar
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
Kegiatan Guru :
a. Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdo’a
bersama.
b. Siswa
menyiapkan buku paket bahasa Arab
c. Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
d. Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
Kegiatan Siswa :
a.
Menjawab
salam dan membaca do’a bersama yang dipimpin oleh ketua kelas
b.
Mendengarkan
guru mengabsen
c.
Merespon
pertanyaan guru tentang materi yang sudah dipelajari dengan serius
d.
menyimak
tujuan dan penjelasan materi yang disampaikan guru
|
15 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
:
a.
Siswa
mendengarkan فِي الفصل الدراسيّ yang
dibacakan guru
b.
Siswa
membaca teks tersebut dengan lancar
c.
Siswa
mencermati isi kandungan teks dari bacaan tersebut
Menayakan :
a.
Siswa
menayakan mufrodat dari bacaan في الفصل الدراسيّ yang belum diketahui
b.
Siswa
menanyakan makna kata dari mufrodat yang ada dalam bacaan tersebut.
c.
Siswa
menanyakan isi kandungan teks dari bacaan tersebut
Mengeksplorasi :
a.
Guru
meminta siswanya untuk membacakan kembali teks bacaan في الفصل الدراسيّ dengan baik
b.
Guru
memminta siswa untuk mendiskusikan isi kandungan dari teks bacaan tersebut.
Mengasosiasik/Menalar :
a.
Guru
meminta siswanya untuk menyebutkan warna-warna dari setiap benda yang ada di
dalam kelas sesuai dengan apa yang dipahaminya dari teks
فِي الفصل الدراسيّ
Mengkomunikasikan :
a.
Siswa
menyebutkan mufrodat yang ada dalam teks bacaan فِي الفصل الدراسيّ
b.
Siswa
menyampaikan kesimpulan dari isi kandungan dari teks bacaan yang telah
dipelajari.
|
60 Menit
|
3
|
Penutup
|
a.
Guru
meminta siswa mengulangi kata/kalimat tentang فِي الفصل
الدراسيّ yang telah diajarkan
b.
Guru
meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang sudah disampaikan
c.
Guru
menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan yang terdapat dalam buku.
d.
Guru
menginformasikan pelajaran selanjutnya
e.
Menutup
pelajaran dengan membaca hamdalah, do’a dan memberi Salam
|
15 Menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Jenis
Penilaian
Tertulis = Mengisi dengan kalimat yang tepat
2.
Bentuk
Instrumen
Soal Tertulis :
أ.
اِخْتَرِ الصَّحِيحَ مِمَّا بَيْنَ القَوْسَيْنِ !
۱. أَنَا طَالِبٌ فَي الفَصلِ (الأَوَّل – الثَّاني
– الثّالِثِ)
۲.فَصْلِى
(وَاسِعٌ – مُنَظَّمٌ - كَبِيْرٌ)
۳. فَصْلِى
(أَمَامَ – جَانِبَ – وَرَاءَ) المَكْتَبَةِ المَدْرَسَةِ
٤. (الكُرْسِىُّ
- المَكْتَبُ - الصُّرِةُ) عَلَى الحَائِطِ
٥. لَوْنُ الحَائِطِ (أَصْفَرُ – أبْيَضُ –
أَسْوَدُ)
٦. تِلْكَ الصُّوْرَةُ رَئِسِ (الفَصلٍ –
الجُمْهُوْرِيَّةٍ – المَدْرَسَةٍ)
٧. لَوْنُ (الصُّرِةٍ – السَّبُّوْرَةٍ – الحَائِطٍ)
فِي الفَصْلِ أَبْيَضُ
٨. (أَقْلَامُ الطُّلَّابِ – أَقْلَامُ الجَفِّ -
الصُّوْرَةُ) عَلَى مَكْتَبِ المدَرِّسِ
ب.
أَجِبْ وَقْفٍا لِلنَّصِّ !
۱. أَيْنَ الْفَصْلُ الأَوَّلُ ؟
۲. مَا لَوْنُ
الْحَائِطِ ؟
۳. أَيْنَ
القَلَمُ الجَفُّ ؟ مَا لَوْنُهُ ؟
٤. أَيْنَ صُوْرَةُ رَئِسِ الجُمْهُوْرِيَّةِ ؟
٥. أَيْنَ السَّبُّوْرَةُ ؟ مَا لَوْنُهَا ؟
Kunci
Jawaban :
اِخْتَرِ الصَّحِيحَ مِمَّا بَيْنَ
القَوْسَيْنِ !
۱. الأَوَّل
۲.
مُنَظَّمٌ
۳. جَانِبَ
٤. الصُّرِةُ
٥. أَصْفَرُ
٦. الجُمْهُوْرِيَّةٍ
٧. السَّبُّوْرَةٍ
٨. أَقْلَامُ الجَف
أَجِبْ وَقْفٍا لِلنَّصِّ !
۱.الْفَصْلِ
الأَوَّلِ مِنَ جَانِبَ مَكْتَبَةِ الْمَدْرَسَةِ .
۲. الحَائِطُ لَوْنُهُ أَصْفَرُ.
۳. أَقْلَامُ الْجَفِّ هِيَ عَلى مَكْتَبِ الْمَدَرِّسِ.
الَوْنُهَا مُتَنَوِّعَةٌ (أسْوَدُ وَأَزْرَقُ وأَحْمَرُ وأَخْضَرُ).
٤. الصُرَةُ رَئِيْسُ الجُمْهُوْرِيَّةِ وَ هِيَ
عَلَى الحَائِطِ
٥.الْسَّبُّوْرَةُ فِىْ فَصْلِىْ
لَوْنُهَا أَبْيَضُ
3.
Pedoman
Pen-skoran
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan Makhroj
|
4
|
2
|
Kelancaran
|
4
|
3
|
Ketepatan
terjemah
|
4
|
4
|
Ketepatan Jawaban
dan Pelafalan
|
4
|
Jumlah
skor
|
16
|
Keterangan :
Nilai Akhir = Jumlah
Skor Perolehan x 100 = ....... x 100 = ........
Jumlah Skor Maksimal 16
Pen-skoran menjawab soal :
Benar semua nilai 100, setiap satu
soal 10 poin
Pekalongan, Desember 2018
Pengembangan
RPP
Ifatul
Khasanah
2022116056
Komentar
Posting Komentar